Pajero Sport Raih Bintang Lima ASEAN NCAP

Mitsubishi Pajero Sport dicap sebagai mobil dengan tingkat keselamatan tinggi. Hal ini diperoleh setelah produk sport utility vehicle (SUV) andalan Mitsubishi itu berhasil meraih predikat lima bintang setelah dilakukan tes uji tabrak.

Tes ini dilakukan New Car Assessment Program for Southeast Asian Countries (ASEAN NCAP) pada November 2016. Sementara, seperti diwartakan Paultan, Pajero Sport mencatatkan 15,29 poin dari maksimalnya 16 poin.

Angka ini diperoleh karena Pajero Sport dianggap mampu melindungi penumpang dewasa dengan sangat baik ketika terjadi tabrakan. Sedangkan pada kategori perlindungan penumpang anak-anak, meraih poin 76 persen.

Sedangkan pada kategori perlindungan penumpang anak-anak, meraih kepatuhan 76%. Meski meraih predikat bintang lima atau keselamatan tertinggi, namun Mitsubishi Sport juga dianggap masih terdapat kekurangan. Adanya kantong udara (airbag) serta sabuk pengaman di kabin Pajero Sport jadi nilai tambah pada keselamatan mobil ini. Sedangkan varian terendah hanya mendapat empat bintang karena tidak dilengkapi dengan fitur ESC.

Sementara unit yang dilakukan tes uji tabrak oleh ASEAN NCAP merupakan Pajero Sport Diesel bermesin 2.400 cc. Generasi ketiga Pajero Sport yang diproduksi di Thailand ini hadir dengan beragam fitur keselamatan.

Di antaranya seperti blind sport warning (BSW) yang befungsi untuk mendeteksi kendaraan yang berada di area blind spot yang biasanya berada di samping pengemudi. Selain itu terdapat juga Fitur ultrasonic misacceleration mitigation system (UMMS) yang memungkinkan sensor membaca kondisi depan mobil. Fitur lainnya seperti multiaround view monitor system (MMS). Fitur ini bisa memudahkan pengendara saat melakukan parkir karena terdapat empat kamera yang bisa menunjukkan seluruh sisi bagian mobil.

Sebagai informasi, di Indonesia PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai agen pemegang merek Mitsubishi memasarkan Pajero Sport dalam empat varian. Yakni Dakar 4×2 AT, Dakar 4×4 AT, Exceed 4×2 AT, dan GLX 4×4 MT. Pilihan mesin pun ada dua, yang pertama mesin baru 4N15 2,4-liter MIVEC di varian Dakar, dan mesin lawas 4D56 2,5-liter di varian Exceed dan GLX. Khusus untuk tipe Dakar, tersemat transmisi otomatis 8-kecepatan yang pertama di kelasnya. Sementara untuk harga, Pajero Sport dijual mulai Rp 446 juta hingga Rp 623 juta.

Sementara itu, selain Pajero Sport, disaat yang bersamaan ASEAN NCAP juga melakukan uji tabrak dengan beberapa mobil. Diantaranya ialah Proton Ertiga yang meraih bintang 4. Mobil ini merupakan kembaran Suzuki Ertiga yang dipasarkan di Malaysia. Selain itu terdapat juga Hyundai Elentra yang turut di uji coba fitur keselamatannya.

SUMBER : oto.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *